Mengenang sosok Pahlawan lewat game Pangeran Diponegoro – TD

The WALi games studio, salah satu developer games asal Cimahi, Indonesia, meluncurkan game barunya pada kemarin dengan judul Pangeran Diponegoro di Google Play.

Familiar dengan nama Diponegoro? Yap, Pangeran Diponegoro adalah salah satu Pahlawan Nasional kebanggaan Indonesia. Pangeran Diponegoro adalah putra sulung Hamengkubuwana III, seorang sultan di Yogyakarta. Lahir pada tanggal 11 November 1785 di Yogyakarta, dan meninggal saat pengasingannya di Makassar, Sulawesi Selatan pada tanggal 8 Januari 1855 pada umur 69 tahun.

Kisah heroiknya ketika melawan penjajahan belanda selama lima tahun (1825-1830). Perang Diponegoro merupakan salah satu pertempuran terbesar yang pernah dialami oleh Belanda selama menjajah Nusantara. Perang Diponegoro adalah perang besar yang melibatkan seluruh wilayah jawa, maka disebutlah perang ini sebagai Perang Jawa. Serajahnya bisa dibaca di sini.

Oleh karena itu sebagai generasi penerus bangsa kita harus menghormati dan mengenang jasa beliau. Sebagai salah satu bentuk untuk mengenalkan Pangeran Diponegoro melalui game. Meskipun game ini tidak bercerita secara lengkap tentang sejarah Pangeran Diponegoro, namun tampaknya Wali Studio ingin meningkatkan kesadaran generasi muda akan sejarah Pangeran Diponegoro, sekaligus juga untuk memperingati hari Pahlawan Nasional, 10 November nanti.

Game yang dikemas dengan gameplay Tower Defence ini diharapkan mampu mengembalikan kepekaan pemain tentang sejarah Pahlawan Indonesia. Setidaknya dengan memainkan game ini, pemain akan mulai mencari – cari siapa sebenarnya Pangeran Diponegoro ini. – The WALi Studio

Game ini bergenre Tower Defence, dimana pemain harus bertahan melawan serangan musuh kompeni Belanda dengan 6 Tipe Senjata yang dapat di upgrade sampai 5 level. Terdapat 16 tipe musuh yang beragam dan 18 level (yg akan terus bertambah) yang cukup sulit, membuat kita tidak akan pernah bosan. Namun, tenang, terdapat berbagai skill dan item yang akan membatumu menghadapi musuh. Sesuai namanya Game ini juga menghadirkan sosok Pangeran Diponegoro sebagai Hero dalam game. Game ini juga berseting di Jawa, dengan Maps pulau Jawa. Secara keseluruhan, bisa dibilang game ini akan membuat Anda ketagihan.

Selain itu juga game ini salah satu game lokal yang mengangkat sejarah Indonesia, oleh karena itu kita patut bangga dan apresiasi. Game ini juga bekerjasama dengan dicoding sebagai wadah developer lokal untuk berkreasi dan juga menggunakan Intel NDK dalam pengembangannya.

Game ini Gratis! Penasaran ingin mencoba? Download saja di link Google Play ini.

Jangan lupa komen dan Rate game ini, selain memajukan developer lokal, Anda juga membatu meningkatkan kesadaran akan Pahlawan Nasional kebanggaan Indonesia.

Selamat bermain..