Rendah Hati dan Tidak Angkuh dalam Berbicara

Rendah Hati dan Tidak Angkuh dalam Berbicara

Bersikap rendah hatilah ketika Anda berbicara dengan orang lain. Rendah hati dan Tidak angkuh dalam berbicara. Allah berfirman, “Katakanlah, ‘Wahai Ahli Kitab, marilah menuju kepada kesepakatan antara kami dan kalian, yaitu kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan Dia dengan apapun. Dan sebagian kita tidak (boleh) menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan-tuhan selain Allah’.” (QS. Ali Imran: 64) Rasulullah SAW menuliskan ayat ini dalam sebuah surat yang dikirim kepada Heraclius.

Perhatikan ucapan para Rasul kepada kaum-kaum mereka, “Kami hanyalah manusia biasa seperti kalian. Hanya saja Allah memberi karunia kepada orang yang Dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya. Dan kami tidak mampu mendatangkan kekuatan (bukti), kecuali dengan izin Allah.” (QS. Ibrahim: 11)

Yusuf a.s berkata, “Tidak disampaikan kepada kalian berdua makanan yang akan diberikan kepada kalian, melainkan aku telah dapat menerangkan takwilnya (artinya) sebelum makanan itu sampai kepada kalian. Yang demikian itu adalah sebagian dari apa yang diajarkan kepadaku oleh Tuhanku.” (QS. Yusuf: 37) Perhatikan kerendahan hati Yusuf yang dengan kemampuannya itu ia tetap mengatakan bahwa semua itu milik Allah.

Berikut ini adalah bentuk kerendahan hati yang tertinggi:

Rasulullah SAW berkata dalam suratnya kepada Heraclius,

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dari Muhammad, hamba Allah dan Utusan-Nya. Kepada Heraclius Penguasa Romawi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Begitu juga dengan Sulaiman a.s yang menuliskan surat kepada Ratu Saba’ dan berkata, “Sesungguhnya surat ini dari Sulaiman, dan sesungguhnya (surat ini diawali) dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Janganlah kalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” (QS. An Naml: 30-31) Oleh karena itu Ratu Saba’ menyebut surat itu dengan sebutan surat yang mulia, “Telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia.” (QS. An Naml: 29)

Rendahkanlah hatimu ketika berbicara dengan orang lain. Jangan bersikap angkuh. Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah mewahyukan kepadaku agar kalian bersikap rendah hati, sehingga tidak ada orang yang membanggakan diri di hadapan orang lain dan tidak ada orang yang menzalimi orang lain.” (HR. Muslim)

Dan beliau bersabda, “Setiap orang yang rendah hati kepada Allah, pasti Dia mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *